Pages

4-3. Grid Militer

Pada pemeriksaan dari transverse mercator projection, yang mana digunakan untuk peta militer skala besar, menyatakan bahwa kebanyakan garis latitude dan longitude merupakan garis lengkung. Sehingga point pertemuan kedua garis ini terkadang memiliki sudut yang berbeda dan kotak areanya pun memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda antar satu daerah dengan daerah lain, hal ini tentu saja terkadang menyulitkan saat kita harus menentukan suatu point dan melakukan pengukuran suatu arah. Untuk mengatasi hal ini maka grid segiempat di ikutkan dalam proyeksi. Grid ini memiliki garis yang benar-benar lurus dan bersinggungan dengan sudut yang tepat. Grid ini akan membagi peta menjadi beberapa sektor dengan kotak area yang memiliki ukuran dan sudut yang sama. Dengan adanya grid ini maka pengguna peta lebih dimudahkan dalam melakukan perhitungan ukuran dan jarak.
Universal Transverse Mercator Grid. UTM grid / sumbu salib UTM telah di desain untuk menutupi kekurangan transverse mercator projection pada bagian bumi antara latitude 84° N dan latitude 80° S.
Globe dibagi menjadi 60 zona (tiap zona memiliki lebar 6 derajat) dengan garis intersect awal pada meridian primer dan ekuator dan berlanjut secara sejajar dengan interval yang sama (gambar 4-8). Tiap-tiap grid identik satu dengan yang lain. Grid ini masih tetap menggunakan label arah N, S, E atau W atau dapat juga menggunakan nilai negatif pada arah selatan ekuator dan arah barat meridian primer.
Gambar 4-7. UTM grid zone
Universal Polar Stereographic Grid. UPS grid digunakan untuk menggambarkan wilayah daerah sekitar kutub.
Kekurangan transverse mercator projection di eliminasi dengan menambahkan “false value” pada garis dasar, hal ini menghasilkan nilai positif untuk tiap point pada tiap-tiap zona. Jarak selalu di ukur ke arah KANAN dan ke arah ATAS (timur dan utara pada peta), dan nilai yang dihasilkan disebut "false easting / kesalahan timur" dan "false northing / kesalahan utara ". Nilai false easting untuk tiap pusat meridian adalah 500.000 meter, dan nilai false northing untuk ekuator adalah 0 meter saat di ukur dari hemisphere bagian utara dan 10.000.000 meter saat di ukur dari hemisphere bagian selatan.
False easting dan northing pada UPS grid.

Gambar 4-9. Grid zone pada UPS grid
  • North Polar Area. Titik awal UPS grid yang digunakan pada daerah sekitar kutub utara adalah kutub utara. Garis dasar "utara-selatan" adalah garis yang terbentuk dari 0 derajat dan 180 derajat meridian, dan garis dasar "timur-barat" adalah garis yang terbentuk dari dua buah garis meridian 90 derajat.
  • South Polar Area. Titik awal UPS grid yang digunakan pada daerah sekitar kutub selatan adalah kutub selatan. Garis dasarnya sama dengan north polar area.

Salam Juang...!

0 comments:

Posting Komentar

ATTENTION :
Don't put useless URL..!!!
We hate spam, and we are not a spammer.
If you don't know what you have to say, better leave it empty...