Pages

Perlengkapan dan perbekalan

Keberhasilan sebuah kegiatan alam bebas juga ditentukan oleh perlengkapan dan perbekalan yang sesuai dan cukup. Perlengkapan dan perbekalan yang dibutuhkan untuk kegiatan pendakian mungkin akan sedikit berbeda dengan perlengkapan dan perbekalan penjelajahan hutan. Begitu juga kebutuhan perlengkapan bagi tiap-tiap individu juga akan berbeda-beda.

Dalam merencanakan kebutuhan perlengkapan dan perbekalan, yang perlu diperhatikan adalah :
•    Jenis medan yang akan dihadapi
•    Tujuan kegiatan
•    Lamanya kegiatan
Selain itu, perlu juga diperhatikan kekuatan fisik dalam membawa beban perlengkapan, logistik, dan kebutuhan lain.

PERLENGKAPAN DASAR
Perlengkapan dasar adalah perlengkapan yang sebaiknya harus ada, seperti :
Sepatu
trekking bootSepatu merupakan hal yang wajib jika kita ingin menghadapi medan gunung hutan. Selain sebagai alas yang membantu kenyamanan berjalan, sepatu juga menjadi pelindung kaki. Sepatu combat boot atau sepatu trekking  merupakan jenis sepatu yang cukup baik untuk menghadapi medan ini.
Hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu adalah :
•    Kuat, sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki
•    Melindungi jari, alas kaki, sendi, dan mata kaki
•    Memiliki bentuk sol yang dapat menggigit ke segala arah
•    Nyaman dipakai

Kaus Kaki
Selain sebagai perlengkapan sepatu agar kulit tidak bergesekan langsung dengan sepatu, kaus kaki juga dapat digunakan untuk menjaga suhu kaki agar tetap stabil dalam menghadapi suhu yang ekstrim. Harap di ingat, “kaus kaki harus selalu kering”.

Pakaian Perjalanan
Pada medan gunung dan hutan, pakaian yang sebaiknya digunakan adalah pakaian yang dapat melindungi seluruh tubuh dari kemungkinan cidera akibat duri atau tumbuhan beracun. Penggunaan celana dan baju panjang dari bahan katun yang kuat sangat dianjurkan. Selain mampu melindungi kulit, pakaian sebaiknya juga tidak mengganggu gerakan tubuh. Pakaian tambahan seperti topi, sarung tangan dan ikat pinggang sebaiknya dipilih dari bahan yang kuat dan ringan.

Ransel
Ransel yang ringan, kuat dan nyaman dipakai merupakan pilihan terbaik untuk membawa perlengkapan dan logistik dalam kegiatan. Harga yang mahal bukanlah jaminan. Pilihlah ransel yang bentuk dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan tubuh.

rucksackransel
Belati
bowie knifeBelati merupakan peralatan penting yang harus kita miliki dalam kegiatan alam bebas. Pilihlah belati yang dapat digunakan untuk memotong, menyayat dan menusuk. Pastikan belati selalu tajam dan kuat. Belati jenis bowie dapat jadi pilihan.
Selain belati kita juga dapat membawa golok tebas untuk keperluan menjelajah rimba.

PERLENGKAPAN NAVIGASI
Melakukan perjalanan dengan peralatan yang mendukung merupakan tindakan yang sangat baik dan bijak. Peralatan navigasi seperti kompas arah, peta topografi, protractor dan pensil merupakan hal yang sudah sepantasnya ada dalam perlengkapan perjalanan kita. Harap diingat, alam liar merupakan medan yang ekstrim. Kondisi dan keadaan medan gunung hutan dapat berubah dengan cepat. Sebagai contoh, jalan setapak didalam hutan dapat hilang hanya dikarenakan hujan saja. Jangan pernah meninggalkan peralatan ini meskipun kita telah mengenal dan hapal betul alam yang akan kita jelajahi.

PERLENGKAPAN MAKAN
Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh mahluk hidup. Peralatan masak seperti nesting, sendok, peples/cangkir sebaiknya juga ada dalam perlengkapan kita.

PERLENGKAPAN ISTIRAHAT
tendaMelakukan kegiatan di alam bebas merupakan hal yang cukup menguras tenaga. Istirahat dan relaksasi yang memadai merupakan salah satu faktor penunjang kesuksesan kegiatan. Selain sebagai tempat istirahat, tenda juga dapat menjadi isolator atas suhu dan cuaca yang ekstrim di alam bebas. Pilihlah tenda yang dapat melindungi tubuh dari cuaca dan kemungkinan gangguan binatang, seperti serangga dan ular. Tenda jenis tenda dome merupakan jenis tenda yang cukup baik. Namun bila tidak ada, kita dapat menggunakan tenda segitiga yang dimodifikasi sehingga dapat cukup melindungi. Pemilihan warna juga dapat dijadikan faktor, pilihlah tenda dengan warna terang dan cerah. Selain mudah dilihat, pada alam seperti hutan, penggunaan warna terang dapat membantu menjauhkan binatang buas. Pada kondisi mendesak seperti survival, kita dapat membuat tenda dari ponco, plastik, terpal dan material lain.
Perlengkapan yang sebaiknya ada ialah :
•    Tenda
•    Sleeping bag / sleeping mat

PERLENGKAPAN TAMBAHAN

Perlengkapan ini walaupun bukanlah merupakan hal yang wajib, namun ada baiknya kita membawanya untuk menambah kenyamanan perjalanan.
Putis. Yaitu pembelat betis yang terbuat dari kain katun/wool. Pengembara, pejalan kaki, atlit dan tentara biasanya menggunakan putis untuk menjaga otot kaki agar tetap fit dalam perjalanan.
gaitersGaiters. Gaiters merupakan sarung yang melindungi kaki sampai lutut agar pacet, debu dan air tidak masuk kedalam sepatu dan kaki. Gaiters untuk pendakian gunung dan penjelajahan hutan biasanya terbuat dari bahan nylon. Gaiters khusus untuk menghindari gigitan ular terbuat dari kulit.
Kelambu. Pada perjalanan penyusuran hutan dataran rendah dan rawa, membawa kelambu dapat menambah kenyamanan kita agar tidak terganggu oleh nyamuk dan kemungkinan malaria dan demam berdarah.
Kupluk. Kupluk atau balaclava dapat melindungi kepala dari terpapar cuaca dingin secara langsung. Pada daerah seperti gunung, memakai kupluk terbukti cukup ampuh menjaga suhu tubuh.
Kacu segitiga. Kain bandana atau slayer merupakan benda yang yang multifungsi. Selain sebagai penutup kepala, penutup telinga dan penyeka keringat. Kain ini dapat digunakan untuk membalut.

Perlengkapan pribadi. Jelas perlengkapan ini untuk perlengkapan pribadi. Seperti jarum, benang, obat-obatan, tali tubuh, handuk, sikat gigi, sabun dan pakaian dalam.

Salam Juang...

1 comments:

rycxko vandebroer mengatakan...

mo join ni,,,,

Posting Komentar

ATTENTION :
Don't put useless URL..!!!
We hate spam, and we are not a spammer.
If you don't know what you have to say, better leave it empty...