Pages

Perlengkapan Khusus

Pendakian tebing
Tali kernmantel 
Tali berfungsi sebagai pengaman apabila jatuh. UIAA, induk organisasi pendaki gunung dunia telah menetapkan standar tali yang laik pakai pada prosedur pemanjatan berdasarkan uji kekuatan. Panjang tali dalam pemanjatan dianjurkan 50 meter, karena pada jarak itu leader dan belayer masih dapat berkomunikasi. Tali kernmantel terbagi dalam dua jenis :
Static rope atau tali statis memiliki kelenturan 2 sampai 5% dari berat maksimum yang diberikan dan bersifat kaku. Umumnya tali statis berwarna putih atau hijau. Tali ini biasa digunakan untuk rapelling dan caving.
Dynamic rope atau tali dinamis memiliki kelenturan 5 sampai 15% dari berat maksimum. Karna sifatnya yang fleksibel tali ini sering digunakan untuk pemanjatan tebing.
Harness
Harness berfungsi sebagai penghubung antara tali dan tubuh pemanjat.
Seat harness dipakai untuk menahan gaya berat pada bagian pinggang dan paha
Full body harness dipakai untuk menahan gaya berat pada dada, pinggang, punggung dan paha.
Helm
Helm digunakan sebagai pelindung kepala dari kemungkinan cidera terbentur dan reruntuhan.
Carabiner
Carabiner atau snaplink berfungsi sebagai pengait sekaligus peredam gesekan tali. Carabiner terbuat dari bahan allumunium alloy yang kuat. Carabiner dibagi menjadi dua jenis, carabiner screw gate memiliki kunci pengaman pada pen pengaitnya, dan carabiner non screw gate tidak memiliki pengaman.
Sling
Sling biasanya terbuat dari tabbular webbing. Fungsi sling sangat luas sebagai penghubung, mengurangi gesekan dan gaya beban pada chock atau piton yang tertanam, memperpanjang point, dan dapat digunakan untuk membuat natural point dengan memanfaatkan pohon dan celah bebatuan
Descender
Descender atau figure eight biasanya sering dipakai untuk rapelling. Dan dapat digunakan oleh belayer untuk membantu menjaga leader, untuk belay teknik penggunaannya berbeda dengan penggunaan untuk rapel. Masih ada pemanjat-pemanjat yang menggunakan setup rapel dengan figur eight untuk belay yang biasa disebut sport belay. Saat ini bentuk descender sudah dikembangkan sedemikian rupa.
Ascender
Ascender merupakan alat yang terbuat dari allumunium alloy berbentuk seperti catut yang dapat menggigit apabila diberikan beban kebawah dan akan terbuka bila tidak ada beban/ditarik ke atas. Alat ini sering digunakan untuk membantu meniti tali pada dinding overhang.
Piton, bolt, chock, nuts, cam, hexes
Merupakan alat untuk membuat pengaman buatan (artificial anchor) pada lintasan apabila pemanjat jatuh dapat tertahan oleh pengaman.
Grigri, belay spring, belay tubular, trango cinch, sirius tre
Merupakan alan bantu belayer untuk membelay leader.
climbing gearice axe and crampon
Pendakian es
Pada medan es dan salju, selain peralatan pendakian biasa juga digunakan ice axe dan crampon.

Salam Juang...!

0 comments:

Posting Komentar

ATTENTION :
Don't put useless URL..!!!
We hate spam, and we are not a spammer.
If you don't know what you have to say, better leave it empty...